July 13, 2024

Ortho-K, atau Orthokeratology, adalah metode terapi yang semakin populer di kalangan penderita mata minus. Terapi ini menggunakan lensa kontak khusus yang dipakai saat tidur untuk membentuk ulang permukaan kornea mata. Hal ini memungkinkan penglihatan yang lebih jelas tanpa perlu menggunakan kacamata atau lensa kontak sepanjang hari.

Salah satu keunggulan terapi ortho k untuk mengatasi mata minus adalah efektivitasnya dalam memperbaiki penglihatan tanpa operasi. Lensa ortho-k dibuat secara khusus sesuai dengan bentuk kornea setiap individu, sehingga memberikan hasil yang optimal dan nyaman. Pengguna ortho-k hanya perlu memakai lensa ini saat tidur, dan saat bangun, mereka bisa melihat dengan jelas sepanjang hari.

Proses adaptasi terhadap lensa ortho-k biasanya berlangsung beberapa malam. Pada awal pemakaian, beberapa orang mungkin akan merasakan sedikit ketidaknyamanan, namun seiring berjalannya waktu, mata akan menyesuaikan diri dengan lensa tersebut. Hasil dari terapi ortho-k dapat bertahan selama 24 hingga 48 jam, tergantung pada tingkat keparahan minus dan konsistensi penggunaan lensa.

Terapi ortho k untuk mengatasi mata minus juga dianggap aman dan cocok untuk berbagai usia, termasuk anak-anak. Ini adalah pilihan yang baik untuk mereka yang aktif dalam olahraga atau kegiatan lain yang mungkin tidak nyaman jika menggunakan kacamata atau lensa kontak biasa. Selain itu, terapi ini juga membantu mencegah perkembangan lebih lanjut dari mata minus, terutama pada anak-anak yang pertumbuhan matanya masih berlanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *